Kenapa Mengganti Oli Motor Secara Rutin Sangat Penting? Ini Alasan dan Manfaatnya

Semenjak kelas dua SMP saya sudah pulang pergi ke sekolah naik motor sendiri. Di daerah tempat tinggal kami anak SD sudah pintar mengendarai motor. Gara-gara itu juga, secara tidak langsung saya punya tanggung jawab untuk merawat motor. Tapi entah kenapa kesadaran untuk merawat motor dengan baik belum juga tumbuh dalam diri saya.

Akibatnya bapak selalu cerewet mengingatkan banyak hal tentang merawat motor. Mulai dari mengecek ban motor, bensin sampai ganti oli. Bahkan sampai saya sudah bekerja. Bapak masih selalu mengingatkan untuk ganti oli setiap bulan. Kalau tidak diingatkan pasti lupa.

Hal itu juga menurun kepada adik saya. Bapak sampai mengeluh karena dua anak perempuannya selalu lupa merawat motor. Sementara bapak tipe orang yang disiplin sekali tentang perawatan motor.

Pernah ada meme dengan sudut pandang perempuan yang kira-kira bunyinya begini, “Ngapain ganti oli mahal-mahal, 50ribu mending dipakai buat beli seblak. Membaca meme itu saya tertawa ngakak karena cukup relate dengan situasi saya yang selalu lupa ganti oli.

Kenapa Harus Rutin Ganti Oli Motor?

Bapak sih sering bilang kalau kita rutin ganti oli, motorjadi lebih awet. Memang  terbukti motor yang pertama kali dibeli bapak tahun 2007 awet sekali sampai sekarang. Masih enak sekali dipakai motornya. Padahal motor itu selalu dipakai pergi ke ladang, pergi-pergi jauh, muatannya juga berat untuk belanja ke pasar.

Motor bapak di Kampung

Setelah punya motor sendiri saya akhirnya merasakan perbedaannya ketika tidak rutin mengganti oli motor. Kadang terasa tidak nyaman saat dipakai. Mesin rasanya jadi berat. Nggak bisa lari kenceng. Beda banget kalau lagi pulang kampung mengendarai motor bapak. Walaupun motor tua, tetap enak. Ringan dipakai.

Mesin motor jadi terawat rasanya jadi alasan yang worth it supaya saya menumbuhkan kesadaran dalam diri untuk selalu rutin mengganti oli motor. Karena sekarang kalau motornya rusak ya sudah harus bertanggung jawab sendiri. Harus beli sendiri. Jadi sebisa mungkin motor yang sudah ada dirawat dengan baik supaya bisa dipakai dalam waktu yang lama seperti motor bapak.

Manfaat Ganti Oli Motor Secara Rutin

Semakin dewasa kita pasti akan banyak belajar banyak hal. Nasihat orang tua yang dulu kita anggap biasa saja. Nyatanya benar-benar membawa dampak. Salah satunya kebiasaan baik untuk merawat motor yang selalu dicontohkan oleh bapak. Walaupun pertamanya cuma kepikiran rutin ganti motor supaya mesin lebih awet. Ternyata ada manfaat lain dari mengganti oli motor secara rutin.

1. Menjaga Keawetan Komponen Mesin

Mengganti oli secara rutin dapat memperpanjang umur komponen mesin. Oli baru memiliki tekstur yang lebih kental, sehingga dapat berfungsi secara optimal untuk melindungi komponen dalam mesin. Oleh karena itu, dengan oli baru, mesin motor akan bekerja dengan baik dan dalam kondisi prima.

2. Menghemat Bahan Bakar

Dengan sering mengganti oli secara teratur, kualitas oli dalam komponen mesin akan tetap baik dan bebas dari kotoran sisa. Oli baru dapat mengurangi gesekan, sehingga membantu menghemat bahan bakar. Kinerja mesin yang ringan membuat motor tidak perlu mengonsumsi banyak bahan bakar.

3. Menjaga Suhu Mesin

Mengganti oli motor secara rutin dapat menjaga stabilitas suhu mesin. Oli berfungsi sebagai pelumas komponen dalam mesin, sehingga dapat mengurangi panas berlebih akibat gesekan saat mesin bekerja. Jika oli jarang diganti, volumenya dalam mesin akan berkurang, teksturnya menjadi encer, dan kotoran akan menumpuk.

4. Menjaga Komponen Mesin dari Keausan

Manfaat berikutnya dari mengganti oli motor adalah mencegah keausan pada komponen mesin. Mesin yang dilumasi dengan baik oleh oli dapat bekerja lebih optimal. Oli baru juga membantu melindungi mesin dari korosi atau karat. Oleh karena itu, penggantian oli secara rutin dapat mencegah komponen mesin mengalami keausan dengan cepat.

5. Mengurangi Gesekan

Komponen mesin yang dilumasi dengan oli baru dapat mengurangi gesekan. Jika gesekan pada komponen mesin minimal, motor akan terasa lebih ringan dan nyaman saat dikendarai. Dengan begitu, komponen mesin akan lebih tahan lama karena terhindar dari gesekan berbahaya.

6. Meringankan Biaya Perawatan

Tujuan mengganti oli secara berkala adalah agar performa mesin terjaga dan menghindari kerusakan pada komponen mesin motor. Jika komponen mesin motor terjaga dan terlumasi dengan baik, maka kinerja motor akan terhindar dari kemacetan. Dengan demikian, risiko komponen motor rusak menjadi kecil dan biaya perawatan pun jadi lebih ringan.  

Dengan sering mengganti oli secara berkala, maka motor yang dikendarai akan menjadi lebih ringan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti oli secara rutin sesuai dengan interval yang direkomendasikan, yakni setiap 2.000 km atau dua bulan sekali. 

Ganti Oli Nyaman di Planet Ban

Ada beberapa alasan bagi perempuan seperti saya malas ke bengkel ganti oli. Bisa karena tidak terbiasa. Bisa juga karena kurang nyaman berada di bengkel. Seperti bukan dunianya. Tapi sekarang sudah ada Planet Ban. Kita bisa ganti oli atau service motor dengan nyaman. Tempatnya bersih dan tidak sempit. 

Selain itu, layanan konsultasi online gratis juga tersedia melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban dengan klik di sini. Sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan Tim Konsultasi Online Planet Ban tanpa biaya tambahan. Gratis pokoknya!

Nah sekarang saya jadi nggak punya alasan untuk malas-malasan ganti oli lagi. Apalagi sudah ada bengkel nyaman seperti Planet Ban.

16 Responses to "Kenapa Mengganti Oli Motor Secara Rutin Sangat Penting? Ini Alasan dan Manfaatnya"

  1. dengan rajin ganti oli maka motor kta terjaga ya mesinnya jadi gak mudah rusak lagi

    ReplyDelete
  2. Motor kita adalah perangkat pendukung penting. Jadi harus benar2 dirawat dengan baik terutama masalah ganti oli ini ya

    ReplyDelete
  3. Keren sih kak bisa naik motor sejak SMP. Kendaraan seperti ini sangat membantu mobilitas jadi lebih cepat dan luas. Per otomotif an juga jadi lebih tahu ya, seperti oli yang bagus dan nggak.

    ReplyDelete
  4. Betul banget, Kak. Kalau ganti oli rutin itu bawaan motornya juga beda, lebih enak. Jadinya malah lebih hemat karena konsumsi bensin juga hemat

    ReplyDelete
  5. penting banget buat servis rutin ya biar kita bawa kendaraan juga aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  6. betull. saya sangat setuju jika kita harus tertib banget ganti oli motor. karena oli itu udah kayak "darah", jadi perlu diganti biar "darah"nya selalu bersihh

    ReplyDelete
  7. Salah satu maintenance yang gak boleh disepelekan saat punya kendaraan ya ganti oli. Karena jika diabaikan, efeknya ke mana-mana dan perbaikan pun bakalan jauh lebih mahal. Bagus nih Planet Ban punya layanan ini juga. Selain karena lokasinya banyak, harganya pun bersaing ya.

    ReplyDelete
  8. Wah jangan sampe deh telat ganti oli motor. Kalo telat bs pengaruhi mesin. Dan berefek ke semua komponen motor. Nanti bs habis biaya banyak kalo sudah merembet ke komponen lain. Untung aja Planet Ban selalu ngingetin kalo kita harus berkala datang ke sana untuk perawatan motor.

    ReplyDelete
  9. Saya selalu rutin ganti oli agar motor awet. Kalau sampai kering, nanti bakal kena pistonnya dan asap bakal ngebul banget. Kalau udah gini motor bakal rusak parah gegara hal spele.

    ReplyDelete
  10. Aku pernah telat ganti oli akhirnya motor mesin bermasalah. Beruntungnya rumah dekat sama planet ban, jadinya bisa terbantu sama montir planet ban yang siap gantiin oli sekalian cek rutin kendaraan. ❤️❤️

    ReplyDelete
  11. Ternyata iyaya, kalau disiplin merawat dan mengganti Oli Motor Secara Rutin bisa membuat motor lebih awet dan tahan disegala suasana. Yang paling berat tuh saat memasuki musim hujan deh.. kayak yang tantangan banget.

    ReplyDelete
  12. Aku juga selalu lupa waktunya ganti oli kalau bukan suami yang ngingetin nggak bakalan ingat deh. Hehe. Padahal ganti oli ini merupakan perawatan dasar dari motor dan yang bisa membantu motor kita tetap awet ya.

    ReplyDelete
  13. Oli motor bagian terpenting juga ya yang harus diperhatikan perawatannya secara berkala, agar mesin kendaraan tetap awet

    ReplyDelete
  14. Ganti oli motor emang pentiiing banget. Tahun lalu sampai ganti motor gara-gara udah rusak parah, yang awalnya gara-gara telat ganti oli sampai berbulan-bulan. Motor yang sekarang benar-benar dirawat jangan sampe kehabisan oli lagi kayak yang sebelumnya.

    ReplyDelete
  15. Saya jadi keingetan nih belum ganti oli motor, memang biasanya rutin ganti oli di Planet Ban. Pelayanannya bagus, kualitasnya juga oke

    ReplyDelete
  16. Sekarang aku ganti oli sekita 2-3 bulan sekali, maklum, kebutuhan motor lama kayaknya ga kayak motor baru. Dan aku pilih dihandle sama bengkel terpercaya aja biar aman. Planet Ban ini salah satu yang rekomen ya ...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel